7 Cara Perbaiki Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Android tidak bisa masuk Recovery Mode menjadi hal yang sering dialami oleh banyak orang. Masalah ini biasanya bersumber dari sistem Android yang memang kadang kala mengalami masalah. Jika diketahui fungsi dari Recovery mode adalah untuk mengatur ulang smartphone ke setelan pabrik atau setelan awal. Jadi ketika smartphone sudah terlalu berat kinerjanya maka kita bisa membersihkan semua aplikasi didalamnya dan mengaturnya ke mode default dimana bisa kondisi nya akan sama saat smartphone dalam keadaan baru.

Tentunya setelah menggunakan Recovery Mode semua data akan terhapus meliputi aplikasi pemutar video, game ringan Android dan masih banyak aplikasi lain nya. Hanya aplikasi saja, namun semua foto, dokumen atau musik akan hilang jadi sebaiknya pindahkan dulu ke SD Card atau media penyimpanan lain nya. Namun berbeda hal nya jika Android tidak bisa masuk Recovery Mode tentunya membuat bingung banyak orang. kadang kala berbagai cara dilakukan untuk mengatasi Android tidak bisa masuk Recovery Mode namun masih saja tidak bisa.

Perlu diketahui apabila Android tidak bisa masuk Recovery Mode memiliki banyak penyebab diantaranya kesalahan penginstalan custom rom, salah memasang CMW dan juga tombol yang error. Memang kadang banyak orang ingin mendapatkan tampilan smartphone berbeda dengan melakukan custom ROM, namun bagi pemula seringkali justru menimbulkan masalah. Dengan cara custom ROM yang kurang tepat akan mengakibatkan kegagalan fungsi firmware maupun hardware smartphone.

Banyaknya kasus Android tidak bisa masuk Recovery Mode sebenarnya bisa diselesaikan dengan beberapa cara. Memang memerlukan pengetahuan lebih soal smartphone, sehingga bagi yang ingin coba coba disarankan pergi ke service center. Salah salah malah smartphone kita menjadi bootloop dan tidak bisa masuk untuk mengakses berbagai aplikasi didalamnya. Namun bagi yang paham dengan smartphone yang dimiliki dapat menempuh beberapa cara untuk mengatasi Android tidak bisa masuk Recovery Mode.

Cara Memperbaiki Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Cara memperbaiki Android tidak bisa masuk Recovery Mode juga bisa digunakan untuk mengatasi hape yang bootloop. Demikian juga apabila recovery mode mengalami kerusakan yang menyebabkan fiturnya hilang dari smartphone. Oleh karena itu kami sudah menyiapkan beberapa solusi mengatasi cara memperbaiki Android tidak bisa masuk Recovery Mode yang bisa disimak berikut ini.

1.Factory Reset

Cara memperbaiki Android tidak bisa masuk Recovery Mode yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan factory reset. Pada tiap smartphone sudah disediakan fitur Factory reset yangbisa dimanfaatkan untuk mengatur keadaan smartphone ke posisi awal. Menggunakan Factory Reset terbukti ampuh, jadi tunggu apa lagi sebelum terjadi bootloop atau kerusakan yang lain nya.

Factory Reset

Factory Reset

Sebelum melakukan Factory reset alangkah baiknya backup dulu semua data yang ada di smartphone. Dengan metode ini semua data akan dihapus dan dikembalikan ke keadaan awal pabrikan. Apabila setelah melakukan Factory Reset masalah Android tidak bisa masuk Recovery Mode masih belum teratasi silahkan simak langkah berikutnya.

2.Lepas Baterai

Kadang kala Android tidak bisa masuk Recovery Mode disebabkan oleh perihal sepele seperti mode power-off sehingga smartphone tak bisa hidup. Oleh karena itu untuk mengatasi nya kita dapat melepas baterai, namun untuk yang berjenis tanam atau Non Removable lebih baik jangan membongkar melainkan menekan tombol power selama 10 detik. Cara melepas baterai lebih direkomendasikan untuk smartphone yang memiliki baterai Removable atau bisa dilepas.

Lepas Baterai

Lepas Baterai

Setelah melepas baterai tunggu beberapa saat, kemudian masukkan baterai dan hidupkan smartphone. Cara ini akan mereset power cycle dimana memutus aliran listrik yang mengalir ke seluruh komponen smartphone. Tunggu sampai smartphone bisa booting lalu coba masuk ke Recovery Mode.

3. Menggunakan Mode ADB

Menggunakan Mode ADB

Menggunakan Mode ADB

Cara memperbaiki Android tidak bisa masuk Recovery Mode berikutnya adalah dengan ADB atau Android Debug Bridge. Kita perlu menggunakan PC atau laptop dan kabel data yang kemudian dihubungkan ke smartphone. ADB berfungsi memperbaiki Android apabila terjadi error termasuk recovery mode yang rusak atau hilang. Jadi silahkan coba menggunakan Mode ADB untuk masuk ke Recovery Mode.

4.Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika smartphone masih bisa masuk ke menu Android atau tidak bootlop maka cobalah aplikasi pihak ketiga contohnya Quick Boot dan masih banyak aplikasi lain nya. Melalui aplikasi ini kita dapat langsung mengakses beberapa menu untuk Reboot/ Restart, Recovery Mode, Bootloader dan Power Off.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Buka aplikasi nya lalu pilih recovery mode, jika tak ada kendala maka secara otomatis smartphone akan reboot dan masuk ke recovery mode. Namun kadang cara ini tidak berhasil di beberapa merk smartphone, jadi silahkan ikuti langkah berikutnya jika masih menjumpai Android tidak bisa masuk Recovery Mode

5.Memakai USB Jig

Memakai USB Jig

Memakai USB Jig

Cara berikutnya adalah menggunakan USB Jig, perangkat ini bentuknya seperti USB dan sangat berguna untuk pemicu smartphone yang mati total. Secara langsung USB Jig akan memaksa smartphone memasuki Recovery Mode ketika di tancapkan pada port USB. Perangkat ini juga banyak di jual di online marketplace dengan harga yang murah sehingga layak dicoba.

6. Melakukan Flashing

Jika masalah masih belum juga selesai maka cara berikutnya adalah dengan melakukan flahsing. Jika sebelumnya smartphone dalam keadaan hidup maka backup dulu semua data yang ada. Namun jika dalam keadaan mati langsung saja coba flashing. Memang setiap vendor smartphone memiliki tool yang berbeda untuk flashing demikian pula dengan firmware nya. Jadi lebih hati hati pastikan versi firmware sudah sesuai dan juga mengetahui flashing android.

Melakukan Flashing

Melakukan Flashing

Memang flashing sebagian besar bisa menyelesaikan masalah, namun ada kalanya jika kesalahan terjadi akan mempengaruhi kinerja smartphone. Jadi langkah baik nya coba konsultasikan dengan service center atau tukang service yang sudah profesional.

7. Pergi ke Service Center Atau Tukang Service Profesional

Pergi ke Service Center

Pergi ke Service Center

Dan jika tak ingin ribet maka serahkan saja kepada service center atau jasa service profesional terdekat. Memang ketika melakukan service akan ada biaya perbaikan, namun kerusakan pada smartphone akan dengan jelas terlihat sehingga langkah penyelesaian masalahnya juga lebih tepat. Di Indonesia sendiri sudah banyak service center dari berbagai vendor dan juga jasa service terbaik.

Memang menangani tidak bisa masuk ke Recovery Mode berbeda beda untuk tiap smartphone tergantung pada penyebabnya. Jika sudah terbiasa memegang smartphone android dan tau seluk beluknya tentu pengguna bisa menerapkan cara cara diatas. Namun bagi yang hanya pengguna saja lebih aman nya serahkan pada tukang service terbaik. Yang jelas jika menyelesaikan masalah sendiri maka kita tidak perlu mengeluarkan uang, namun ya harus berfikir lebih mengenai solusi. Berbeda dengan yang memanfaatkan jasa service, walau harus membayar namun tak perlu pusing pusing memikirkan nya.