16 Cara Membuat Hp Tidak Lemot Untuk OS Android Terbaru

Cara membuat hp tidak lemot sampai saat ini masih menjadi hal yang sering di cari masyrakat meskipun untuk saat ini ada banyak sekali pilihan smartphone android yang bisa dimiliki dengan spesifikasi yang begitu mumpuni sebagai pelengkap kebutuhan mobile harian kita. Apalagi ditambah dengan banyaknya brand smartphone android yang hampir setiap harinya merilis dan memproduksi produk-produk baru dengan kualitas dan fitur yang begitu menarik. Hal tersebutlah yang menjadikan industri gadget saat ini semakin seru untuk terus kita bahas.

Tentunya dari sekian banyaknya smartphone android yang ada, terdapat beberapa jenis dan tipe yang memang di
pasarkan dengan harga murah untuk menyasar pasar ponsel di segmen menengah kebawah. Dengan murahnya harga yang ditawarkan, tentu saja membuat setiap pabrikan ponsel yang memproduksinya secara otomatis menurunkan atau mengurangi spesifikasi serta fitur yang di tawarkan agar dapat memotong harga jual yang ditawarkan.

Salah satu dampak yang mungkin akan sering kita rasakan ketika kita membeli hp android dengan spesifikasi yang
cukup rendah adalah kinerja yang lemot. Apabila hal tersebut sudah terjadi, mungkin rasa kesal dan BT akan melanda, karena siapa sih yang mau menggunakan hp android dengan kondisi yang lemot? pastnya tidak ada bukan. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan sistem operasi android yang open source, saat ini banyak sekali tips atau cara membuat hp tidak lemot lagi.

Cara membuat hp android tidak lemot ini tentu saja membutuhkan beberapa tahapan dan juga membutuhkan beberapa aplikasi pihak ketiga yang akan mampu memberikan efek positif terhadap kinerja smartphone tersebut. Jadi bagi kalian yang saat ini mungkin sedang menggunakan smartphone dengan kinerja yang lelet atau lemot, mungkin cara membuat hp tidak lemot khususnya untuk perangkat android berikut ini bisa menjadi langkah yang patut untuk dicoba.

Cara Membuat Hp Tidak Lemot Untuk OS Android

Cara Membuat Hp Tidak Lemot Untuk OS Android

Cara Membuat Hp Tidak Lemot Untuk OS Android

1. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Penggunaan fitur live wallpaper untuk beberapa smartphone android memang memberikan efek yang cukup keren pada tampilan lockscreen ataupun homescreen. Akan tetapi banyak dari kita yang tidak menyadari bahwasannya penggunaan fitur tersebut akan dapat memakan kapasitas RAM cukup besar yang tentu saja bisa membuat hp terasa lemot. Untuk itu salah satu cara membuat hp tidak lemot mungkin kalian bisa mematikan fitur live wallpaper jika memang di smartphone android yang kalian miliki terdapat fitur tersebut.

2. Gunakan Aplikasi Berbayar

Memakai aplikasi gratisan memang sangat menyenangkan, karena kita bisa mendapatkan berbagai macam fitur menarik dari aplikasi-aplikasi tersebut. Selain itu juga kita tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut. Akan tetapi tanpa disadari ketika kita menginstal aplikasi gratisan yang mungkin masih ada bug didalamnya akan membuat hp android kita lemot. Jadi cara membuat hp android tidak lemot adalah dengan menggunakan aplikasi berbayar yang mana didalamnya mungkin bersih dari bug-bug berbahaya yang akan berdampak buruk.

3. Gunakan 1 Aplikasi Antivirus Saja

Aplikasi antivirus memang banyak dipercaya orang untuk melindungi keamanan smartphone dari serangan virus. Namun bagi kalian yang percaya hal tersebut, kamis arankan untuk menginstal satu aplikasi antivirus saja agar performa hp kalian tetap ngebut. Cara membuat hp tidak lemot yang satu ini memang sangat ampuh, karena yang namanya aplikasi antivirus selalu berjalan dibelakang layar atau background yang tentu saja akan otmatis memakan kapasitas RAM, bahkan tidak bisa dipungkiri kapasitas yang di gunakan pun cukup besar loh.

4. Kurangi Penggunaan Widget

Tampilan menarik layar handphone kalian memang dapat di sesuaikan dengan selera kalian, salah satu caranya adalah dengan menambahkan widget ke homescreen. Namun tanpa disadari penggunaan widget yang terlalu banyak akan berdampak buruk pada performa hp kalian terlebih lagi ketika kalian menggnakan hp android ram 2GB, mungkin akan sangat terasa sekali apabila penggunaan widget di homescreen kalian terlalu banyak. Jadi cara membuat hp tidak lemot khusunya untuk android yang selanjutnya adalah jangan gunakan terlalu banyak widget di homescreen hp kalian.

5. Lakukan Factory Reset

Jika dirasa hp android kalian sudah sering hang atau lag juga bisa di karenakan sudah banyak menumpuknya file-file sampah atau sering disebut cache. Untuk itu kalian perlu membersihkannya dengan melakukan factory reset secara berkala. Cara terampuh membuat hp tidak lemot yang satu ini merupakan cara yang palin kami rekomendasikan, karena dengan melakukan factory reset, maka secara tidak langsung kalian sudah mengosongkan hp kalian yang sudah digunakan untuk beraktifitas setiap hari dari berbagai macam aplikasi dan sampah yang ada didalamnya.

6. Lakukan Update Software

 Lakukan Update Software

Lakukan Update Software

Langkah atau cara membuat hp tidak lemot pada smartphone android selanjutnya adalah dengan rutin melakukan
update software. Adapun cara yang paling mudah tentu saja dengan update OTA (Over The Air). Hal ini pentign sekali kaitannya pada penambalan sebuah bug yang mungkin ada dan menyebabkan hp terasa lemot. Jadi apabila kalian terus melakukan update software secara berkala maka, sistem yang sebelumnya terdapat bug akan tertutup dan besar kemungkinan performanya pun akan semakin kencang.

7. Gunakan Fitur Auto Kill

Jika kalian merupakan pengguna android yang sering melakukan multitasking aplikasi, maka cara membuat hp tidak lemot yang satu ini sangatlah penting untuk bisa kalian lakukan. Yaitu dengan melakukan auto kill aplikasi yang sudah tidak digunakan lewat menu recent app. Jika kapasitas RAM hanya 1GB menjaklankan auto kill sangatlah di rekomendasikan, karena hal tersebut akan kembali membuat kapasitas RAM yang ada kembali longgar. Adapun fitur yang satu ini biasanya akan membuat aplikasi tidak lagi berjalan di background.

8. Hapus atau Hentikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Hampir setiap hari dimarket Google Play Store ada aplikasi-aplikasi baru yang memiliki daya tarik cukup besar dan
pastinya membuat kita penasaran dan ingin mencobanya. Namun kandang aplikasi-aplikasi tersebut hanya menarik di awal saja dan tidak lagi digunakan setelah kalian merasa bosan. Sebaiknya jika dirasa aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang sudah ada di hp android kalian, kami sarankan untuk menghapusnya, karena dengan menghapus atau menghentikan aplikasi yang tidak dipakai sama saja kalan sudah melegakan kapastas ruang
penyimpanan dan kapasitas RAM yang ada, sehingga hp android kalian tidak lagi terasa lemot atau lelet.

9. Hindari Multitasking Banyak

Membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak atau multitasking memang sangat mengasikan, karena kita hanya perlu membutkanya kembali lewat menu recent app. Akan tetapi seperti diatas sudah kami sampaikan, dampak dari
penggunaan multitasking yang tinggi akan sangat berdampak pada kinerja smartphone yang selalu lemot. Ini
disebabkan karena fitur tersebut selalu memakan kapasitas RAM bahkan tidak menutup kemungkinan hingga penuh. Jadi saran kami untuk membuat hp tidak lemot yang berikutnya adalah hindari penggunaan multitasking yang banyak terkhusus untuk pengguna smartphone android dengan kapasitas RAM dibawah 3GB.

10. Gunakan Aplikasi Serbaguna

Aplikasi Apps2D

Aplikasi Apps2D

Alih-alih ingin menginstal aplikasi banyak di hp android kalian malah justru kadang membuatnya semakin lemot dan membuat ruang penyimpanan semakin sempit. Oleh karena itu jika anda merupakan pengguna handphone dengan kapasitas ruang yang sempit dan kondisi sudah di root, maka kalian perlu menginstal aplikasi Apps2D. Aplikasi ini akan membuat kamu bisa menginstal aplikasi di memori eksternal. Dengan begitu ruang kapasitas memori internal akan tetap dalam keadaan longgar. Tentunya cara membuat hp tidak lemot pada android ini sangat direkomendasikan terutama bagi kalian yang menggunakan hp dengan RAM kecil dan kapasitas memori internal yang kecil pula.

11. Bersihkan Cache Data

Menggunakan smartphone dengan kondisi performa yang lemot tentu saja akan membuat kita merasa kesal. Namun
perlu di ketahui ada banyak sekali faktor yang dapat membuat hp kita lemot, dan mungkin salah satunya adalah sudah menumpuknya cache atau tempat menyimpan data sementara. Oleh karena itu,tidak ada salahnya untuk kalian menghapus cache di hp android kalian secara berkala. Adapun cara menghapus cache di hp android mungkin tidak berbeda jauh dengan cara menghapus cache di iPhone. Dan cara membuat hp tidak lemot yang satu ini juga mungkin perlu sering-sering kalian gunakan atau lakukan pada hp android kalian.

12. Matikan Auto Sync

Dan cara membuat hp tidak lemot selanutnya terkhusus untuk smartphone android adalah dengan mematikan fitur
Auto Sync. Meskpun fitur tersebut sangatlah penting kaitannya dengan data-data yang ada didalam smartphone
kalian, namuan tanpa disadari fitur yang berjalan di background secara terus menerus ini nyatanya bisa membuat hp kalian lemot. Oleh karena itu, ada baiknya kalian matikan fitur tersebut, dan nyalakan kembali jika memang dirasa perlu saja untuk membackup data-data yang ada didalam hp kalian ke cloud gmail pribadi kalian.

13. Perhatikan Jumlah Memori

Spesifikasi smartphone tentunya berbeda-beda untuk setiap tipe dan serinya. Selain RAM dan Prosesor, ternyata kapasitas memori internal yang ditawarkan juga sangat berpengaruh terhadap cepat lambatnya kinerja yang ditawarkan. Apabila memori internal sudah sempit biasanya akan membuat hp menjadi lemot. Untuk itu cara membuat hp tidak lemot yang selanjutnya ini adalah dengan cara memilah dan memilih file dan aplikasi yang memang di rasa penting saja, sehingga kapasitas memor internal yang ada tidak termakan banyak.

14. Gunakan Custom ROM

Gunakan Custom ROM

Gunakan Custom ROM

Salah satu cara membuat hp tidak lemot pada OS Android yang selanjutnya adalah dengan menggunakan custom ROM. Yang mana tidak hanya bisa membuat kalian bisa merasakan sensasi sistem operasi paling baru, ternyata menggunakan custom ROM juga bisa memberikan efek yang positif karena akan dapat membuat kinerja hp yang semakin cepat. Karerna biasanya aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan dari vendor smartphone tidak lagi ada karena telah di buang sehingga memberikan dampak yang sangat baik terhadap kinerja smartphone.

15. Matikan Animasi

Faktor lain yang juga seringkali membuat hp tersa lemot adalah animasi yang di sediakan pihak vendor smartphone yang kalian miliki. Untuk itu agar performa yang di tawarkan kembali terasa cepat dan lancar, mungkin kalian harus menghentikan paksa atau mematikan fitur animasi ini sehingga penggunaan RAM tidak lagi terasa boros. Adapun cara mematikan fitur ini adalah kalain perlu masuk ke Settings – Developer Options, dan ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekaligus. Cara membuat hp tidak lemot yang satu ini sangatlah besar efek yang akan bisa kita rasakan.

16. Gunakan Launcher yang Ringan

Melakukan kustomisasi tampilan pada smartphone android memang sangat menarik karena bisa membuat kita seabagai pengguna merasa puas. Dan hal tersebut pulalah yang menjadikan banyak konsumen yang menginginkan hp android sebagai hp pilihan. Akan tetapi terkadang Launcher bawaan sering sekali membuat hp terasa lemot, untuk itu salah satu cara membuat hp android tidak lemot lain adalah menggantinya dengan Launcher lain yang lebih ringan, dan biasanya di market Google Play Store juga tersedia banyak sekali pilihannya.

Dan itulah kiranya 16 tips atau cara membuat hp tidak lemot khususnya untuk para penguna hp android. Tentunya apa yang kami sampaikan diatas merupakan hal-hal yang sudah pernah di lakukan dan memiliki dampak yang sangat positif terhadap kinerja smartphone, terutama untuk smartphone dengan kapasitas RAM dan ROM yang kecil. Semoga informasi mengenai cara membuat hp tidak lemot diatas bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat dan bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kalian untuk bisa membuat kienerja hp semakin ngebut.