7 Cara Membuat Titik Titik Daftar Isi di Microsoft Word 2020

Cara Membuat Titik Titik Daftar Isi – Bisa di ibaratkan sama seperti sebuah peta. Daftar isi pada buku, jurnal, makalah dan juga skripsi meruapkan sebuah sarana untuk mengetahui lokasi atau letak-letak isi secara cepat. Dan hampir semua jenis buku resmi ataupun makalah bisa dipastikan ada yang namanya Daftar Isi.

Menjadi bagian yang cukup penting keberadaanya, dengan adanya daftar isi, tentu saja kita akan dapat dengan mudah mengetahui seluruh topik pembahasan yang ada. Bahkan mengetahui judul dan sub judul pun akan jauh lebih mudah di bandingkan tidak adanya sebuah daftar isi.

Dan jika kita perhatikan, pada sebuah daftar isi kita bisa lihat adanya bagian titik titik dan juga nomor yang akan menunjukan sebagia bagian dari judul serta sub judul. Banyak orang yang menganggap bawa cara membuat titik titik daftar isi tersebut simple karena telah di sediakan medianya pada software yang digunakan.

Hal tersebut memang benar adanya, kita akan dapat dengan mudah membuat titik titik daftar isi secara mudah dengan menggunakan microsoft word. Sama halnya seperti mudahnya cara membuat pangkat di microsoft word. Namun tidak semua orang tentu akan bisa membuatnya tanpa adanya panduan.

Cara Membuat Titik Titik Daftar Isi di Word Terbaru

Cara Membuat Titik Titik Daftar Isi

Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini akan coba phoneranx.com bagikan secara detail dan lengkap bagaimana cara membuat daftar isi di microsoft word dari awal hingga akhir.

Dan untuk membuatnya kita tidak perlu repot-repot dengan cara manual yang tentu akan memakan waktu lama. Oleh karena itu pada infomrasi ini akan kami contohkan cara membuat titik titik daftar isi secara otomatis.

Apa Itu Daftar Isi

Jika di jelaskan secara detail, maka bisa kami jelaskan bahwa daftar ini merupakan sebuah urutan judul yang di berikan untuk tiap-tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku, makalah, ataupun karya ilmiah.

Fungsi Daftar Isi

Sementara fungsi utama dari daftar isi yang biasanya di tampilkan dengan bentuk titik titik yaitu sebagai bagian untuk memudahkan kita mendai sebuah judul penulisan serta bagian-bagian lainnya secara cepat dan tepat tanpa harus mencarinya satu persatu.

Jenis Daftar Isi

Jika kalian menganggap bahwa daftar isi hanya ada dalam satu jenis, maka kalian salah. Pasalnya jenis daftar isi yang bisa kita gunakan dalam pembuatan sebuah buku ada beberapa tingkatan. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya berikut ini.

Daftar Isi Tingkat Tunggal (Single Level TOC)

Daftar Isi Tingkat Tunggal

Jenis daftar isi yang pertama adalah daftar isi tingkat tunggal atau single level TOC. Pada jenis ini bisa di lihat seperti pada gambar, kalian hanya akan dapat menemukan masing-masing bab.

Daftar Isi yang Dibagi Lagi (Subdivided TOC)

Daftar Isi yang Dibagi Lagi

Jenis daftar isi yang kedua adalah subdivided TOC. Yang dimana pada jenis ini kalian akan bisa menemukan informasi yang lebih rinci. Karena ketika bagian sub utama memiliki rincian lebih maka akan terlihat di bagian bawanya atau lebih tepatnya menjadi sub-bagian.

Daftar Isi Bertingkat (Multi-Level TOC)

Daftar Isi Bertingkat

Jenis daftar isi yang berikutnya adalah daftar isi bertingkat atau multi level TOC. Jenis ini bisa di katakan jauh lebih lengkap karena dibagian sub-bagian kalian akan menemukan lagi bagian-bagian lain yang dapat dengan mudah ditemukan lewat adanya daftar isi ini.

Daftar Isi Akademik

Daftar Isi Akademik

Bagi para pembaca novel mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Pasalnya dalam penulisan novel ataupun juga akademis daftar isi yang digunakan merupakan jenis daftar isi Akademik. Atau yang belum mengerti bisa lihat gambar diatsa.

Struktur Daftar Isi

Ketika membuat titik titik daftar isi, kalian benar-benar harus menguasai apa yang dimaksud dengan TOC karena titik titik tersebut akan digunakan untuk menujukan bagian-bagian terpenting di dalam sebuah buku atau makalah. Dan berikut adalah struktuk pembuatan daftar isi yang baik.

  1. Abstrak (Dimulai Pada Halaman iii)
  2. Ucapan terima kasih
  3. Dedikasi
  4. Pendahuluan
  5. Daftar Isi (Opsional untuk meletakkannya di daftar isi tulisan kalian)
  6. Daftar Tabel
  7. Daftar Gambar
  8. Daftar lainnya, termasuk: Daftar Definisi, Daftar Algoritma, Daftar Persamaan.
  9. Badan utama teks Anda (contohnya, judul bab, judul, dan subjudul)
  10. Lampiran atau lampiran
  11. Bibliography
  12. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Cara Membuat Titik Titik Daftar Isi Otomatis

Bagaimana sudah mulai pahamkah dengan apa itu daftar isi, jenis daftar isi, dan struktur daftar isi itu? Jika sudah dan kalian ingin membuatnya, maka berikut adalah panduan cara membuat titik titik daftar isi secara otomatis dengan menggunakan microsoft word.

1. Pertama silahkan kalian buka dokumen baru di microsoft word kemudian aktifkan fitur Ruller dengan cara klik View > Ruller.

Aktifkan Ruller

2. Setelah fitur Ruller muncul di lembar dokumen baru yang kalian buat. Perhatikan nomor batas halaman kerja yang nantinya akan dijadikan sebagai batasan maksimal panjang titik daftar isi.

Atur Ukuran

Sebagai contoh, kali ini phoneranx.com akan membuatnya dengan panajang 15 cm, maka dari itu nomor yang digunakan adalah nomor sebelumnya yaitu 14 cm. Untuk hal ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Setelah menyesuaikan ukuran seperti pada panduan diats, hal yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah membuat daftar titik titik pada lembar microsoft word secara lengkap namun tanpa menggunakan titik titik terlebih dahulu.

Membuat Rincian Daftar Isi

4. Apabila sudah silahkan kalian Block semua tulisan daftar isi yang kalian buat diatas. Kemudian silahkan klik kanan dan pilih Paragraph pada jendela yang muncul.

Klik Kanan Paragraph

5. Pada tampilan jendela Paragraph yang muncul, silahkan kalian klik Tabs yang ada dibagian kiri bawah seperti berikut ini.

Pilih Tabs

6. Munculah halaman pengaturan Tabs. Pada halaman ini hal yang harus kalian lakukan adalah mengisi Tab Stop Position atau batas panjang titik titik yang akan kalian buat. Silahkan isi sesuai dengan kebutuhan kalian, dan disini phoneranx contohkan 14 cm.

Tab Stop Position

Kemudian pada halaman Alignment, silahkan kalian pilih Center dan pada bagian Leader kalian isi 2 dan silahkan pilih tombol SET dan terakhir kalian simpan dengan menekan tombol OK.

7. Langkah terakhir setelah semua langkah cara membuat titik titik daftar isi diatas kalian lakukan adalah menaruh kursor pada bagian kanan dari tulisan yang sudah dibuat kemudian tekan tombol TAB pada keyboard. Maka hasilnya akan seperti berikut ini.

Tekan TAB pada Keyboard

8. Lakukan langkah nomor 7 pada semua tulisan yang sudah kalian buat. Maka hasil akhir dari cara ini adalah sebagai berikut ini.

Hasil Akhir 1

Setidaknya dengan mengetahui bagaimana cara membuat titik titik daftar isi seperti kami jelaskan diatas, nantinya kalian tidak akan merasa kesulitan apabila diberi tugas untuk membuat sebuah makalah atau yang lainnya.

Oya dengan menggunakan lembar dokumen microsoft word diatas, tidak hanya akan bisa digunakan untuk membuat daftar isi, kalian juga bisa membuat kop surat dengan mudah seperti yang sudah pernah kami bahas.

You May Also Like

About the Author: Vika