6 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Android 2018

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card cukup banyak di cari orang yang mengeluhkan memori internal penuh. Memang kadang kala aplikasi memakan ruang penyimpanan yang besar terutama dari sisi cache. Cache merupakan file yang disimpan dalam berbagai format yang kadang bisa menumpuk jika tidak dibersihkan. Berbagai faktor bisa mempengaruhi penuhnya memori internal, tentunya untuk smartphone jadul sering menjumpainya karena keterbatasan memori yang hanya 4 sampai 8 GB saja.

Pada masa kini memori internal 16 GB sudah menjadi minimal spesifikasi, itu saja bisa cepat penuh jika kita kebanyakan menyimpan foto, video, musik dan juga aplikasi. Apalagi dengan smartphone jadul yang memiliki memori internal terbatas pastinya sangat lemot kinerja nya. Namun sejak dulu terdapat fasilitas Micro SD yang sangat berguna sebagai memori eksternal yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file. Pada masa kini kapasitas micro SD rata rata bisa menyimpan mulai 32 GB sampai 128 GB, walau ada pula yang mencapai 256 GB dan 512 GB.

Di akui saat ini ukuran aplikasi juga semakin besar karena memiliki berbagai fitur yang lebih lengkap didalamnya. Aplikasi sosial media, editing video dan game memang menjadi yang paling besar ukuran nya diantara yang lain.  Oleh karena itu dibutuhkan Micro SD untuk menambahkan kapasitas memori sehingga pengguna dapat bebas melakukan berbagai aktivitas. Namun sayangnya ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah alias bawaan dari pabrik nya sehingga cukup susah juga mengatasinya.

Beberapa aplikasi bawaan yang tidak bisa dipindah seperti contohnya aplikasi SMS, kontak, cuaca dan masih banyak lain nya. Vendor melindungi beberapa aplikasi karena fungsinya yang memang sangat mendasar dan dibutuhkan. Seluruh ijin pemindahan aplikasi memang bergantung kepada vendor smartphone, namun cara pintas dapat dilakukan seperti contohnya root. Namun root dirasa banyak pihak tidak aman karena akan mempengaruhi pembaharuan software dan juga fungsi dasar smartphone.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Android

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Pada dasarnya cara memindahkan aplikasi ke SD Card di android hampir sama untuk semua smartphone. Yang berbeda adalah tampilan UI atau user interface antar smartphone sehingga dibutuhkan ketelitian untuk bisa mengakses tiap menu nya. Misalnya pada smartphone Samsung tentunya memiliki menu yang berbeda dimana semuanya bisa dicari dengan scroll, namun beberapa vendor lain nya memberikan settingan terpendam alias memiliki blok kategori tersendiri sehingga harus dicari satu per satu.

Untuk mengetahui cara memindahkan aplikasi ke SD Card terlebih dahulu kita harus memperhatikan aplikasi ijin atau permision terlebih dahulu. Pastikan aplikasi benar benar bisa dipindahkan ke memori eksternal melalui beberapa tahapan. Oleh karena itu silahkan simak cara memindahkan aplikasi ke SD Card untuk semua smartphone android berikut ini.

1.Buka Setting atau Pengaturan

Buka Setting atau Pengaturan 

Buka Setting atau Pengaturan

Langkah pertama dari cara memindahkan Aplikasi ke SD Card adalah dengan masuk ke menu setting atau pengaturan di smartphone. Memang tampilan menu pengaturan tiap smartphone berbeda beda namun jika sudah menggunakan bahasa Indonesia lebih mudah penggunaan nya. Namun semua menu yang ada di pengaturan memiliki kesamaan dari smartphone satu dengan yang lain nya.

2.Pilih Manajemen Aplikasi

Pilih Manajemen Aplikasi 

Pilih Manajemen Aplikasi

Cara memindahkan Aplikasi ke SD Card berikutnya adalah dengan masuk ke manajemen aplikasi. Menu ini memiliki nama berbeda beda seperti Apps, Aplikasi, Apps Management dan yang lain sebagainya. Langsung saja masuk dan pengguna akan menjumpai list aplikasi yang sudah diinstall sebelumnya.

3.Cari Dan Pilih Aplikasi Yang Akan Di Pindahkan

Cari Dan Pilih Aplikasi Yang Akan Di Pindahkan

Cari Dan Pilih Aplikasi Yang Akan Di Pindahkan

Silahkan cari aplikasi atau game mana yang akan dipindahkan, terlihat juga ukuran tiap aplikasi dimana yang memiliki ukuran besar tentu lebih di prioritaskan untuk pindah ke SD Card. Tap aplikasi untuk masuk untuk mengakses App Info atau informasi aplikasi.

4.Opsi Penyimpanan Aplikasi

Opsi Penyimpanan Aplikasi

Opsi Penyimpanan Aplikasi

Setelah masuk ke App Info pengguna dapat memperoleh berbagai informasi seputar aplikasinya mulai ukuran, permision, akses data sampai nofifikasi. Cara memindahkan aplikasi ke SD Card adalah dengan mengubah opsi penyimpanan nya, langsung saja tap Storage atau Penyimpanan.

5.Ubah Opsi Penyimpanan

Ubah Opsi Penyimpanan 

Ubah Opsi Penyimpanan

Pada menu Storage silahkan klik change ke SD Card seperti gambar diatas. Sebelum nya aplikasi secara default menggunakan memori internal, dengan mengubahnya menjadi eksternal atau Micro SD bisa meringankan performa smartphone secara keseluruhan.

6.Pindahkan Aplikasi

Pindahkan Aplikasi

Pindahkan Aplikasi

Secara otomatis akan muncul menu Move unkilled, silahkan klik move untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke Micro SD. Nah cara memindahkan aplikasi ke SD Card sudah selesai.

Cara memindahkan aplikasi ke SD Card diatas memang cukup mudah dilakukan melalui berbagai smartphone. Memang tiap aplikasi memiliki fungsi sendiri sendiri yang tak sama satu dengan yang lain nya. Walau ada yang sama namun dari segi fitur dan kapasitas memori tentunya berbeda. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan sebelum menginstall aplikasi apakah bermanfaat atau tidaknya.

Memindahkan aplikasi ke SD Card bisa digunakan untuk smartphone yang memiliki media penyimpanan internal sedikit. Alangkah baiknya jika menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja sehingga tidak akan memberatkan kinerja memori internal. Namun jika terpaksa menginstall aplikasi dalam jumlah banyak maka memindahkan nya ke SD Card bisa jadi solusi yang tepat. Semoga informasi yang kami berikan seputar cara memindahkan aplikasi ke SD Card bisa bermanfaat bagi anda sekalian.