13 Cara Mempercepat Jaringan Wifi Mudah dan Cepat

Cara Mempercepat Jaringan Wifi – Apabila di bandingkan dengan negara-negara berkembang di dunia, keceaptan internet di Indonesia merupakan salah satu yang paling lambat. Maka dari itu apabila di rumah menggunakan jaringan Wifi dari penyedia ISP yang ada di pasar Indonesia setidaknya perlu penanganan khusus agar kecepatan yang di tawarkan tetap dalam keadaan stabil sesuai dengan bandwidth yang memang kita pilih disaat memasang.

Wifi sendri bisa di katakan menjadi salah satu media internet yang cukup menjamur di wilayah Indonesia. Selain penggunaan yang juga cukup mudah biasanya kecepatan dari Wifi sendiri jauh lebih stabil bila di bandingkan dengan jaringan internet dari profider tanah air. Wifi yang merupakan koneksi internet tanpa menggunakan kabel atau sering di sebut nirkable juga memiliki banyak kelebihan.

Akan tetapi ada segelintir orang yang mungkin belum bisa atau tidak bisa memaksimalkan kecepatan internet dari Wifi yang terpasang di rumah. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai cara memeprcepat jaringan wifi agar speed yang di dapat bisa maksimal. Dengan begitu ketika kita ingin mendownload video dengan menggunakan aplikasi download video bisa lancar tanpa adanya hambatan.

Cara mempercepat jaringan wifi sendiri bisa di katakan cukup mudah dan simple, karena pada dasarnya kita hanya memperlukan pengetahuan tetang bagaimana kerja dari jaringan wifi tersebut. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini beberapa cara mudah untuk bisa mempercepat jaringan wifi dirumah akan kita bahas, dan semoga bisa menjadi referensi yang cocok untuk dapat kalian praktikan. Oke, langsung saja simak cara-cara mempercepat jaringan wifi terbaru dan terlengkapnya berikut ini.

Cara Mempercepat Jaringan Wifi Mudah dan Cepat

Cara Mempercepat Jaringan Wifi

Cara Mempercepat Jaringan Wifi

1. Mengubah Setting Bandwidth

Bandwidth merupakan luas cakupan frekuensi sinyal yang di gunakan untuk transmisi data. Apabila kalian baru memasang jaringan Wifi dirumah, biasanya setingan default bandwidth itu sendiri hanya menjangkau sinyal sekitar 20% saja. Maka dari itu untuk bisa mengingkatkan kecepatan internet Wifi di rumah, kalian bisa memaksimalkannya dengan mengunah setingan bandwith pada computer configuration.

Untuk merubahnya pun cukup mudah kalian hanya perlu masuk pada menu gpedit.msc menggunakan tombol Windows + R kemudian ketik gpedit.msc dan klik ok. Setelah muncul pop-up layar baru, silahkan kalian double klik pada computer configuration dan pilih administratif lalu klik templete. Masuk pada network dan pilih QoS packed scheduler. Lalu langkah selanjutnya klik limit reservable bandwidth terus silahkan pilih men enable dan ganti bandwidth limit menjadi 0 dan klik ok. Setelahnya silahkan kalian restar komputer kalian.

2. Jauhkan Router Dari Barang Elekronik

Kemudian untuk memaksimalkan koneksi internet wifi di rumah, anda bisa melakukan cara mempercepat jaringan wifi yang menrutu kami cukup mudah. Dimana cara yang satu ini, kalian hanya perlu untuk menjauhkan Router dari berbagai macam barang elektronik seperti microwave, tv, ataupun barang elektronik lainnya yang dapat menghasilkan sinyal elektromagnetik. Hal tersebut di perlukan agar kecepatan wifi dapat terhindar dari penurunan.

3. Jangan Menaruh Router di Lantai

Banyak orang yang mungkin menganggap peletakan router wifi itu mudah, namun pada kenyataannya ketika kita meletakannya secara sembarangan akan dapat menurunkan kecepatan wifi. Maka dari itu cara mepercepat jaringan wifi di rumah yaitu dengan tidak meletakan router di lantai. Hal ini biasanya di karenakan router akan sulit menerima sinyal karena lantai sendiri mengandung beberapa material termasuk semen dan beton bahkan ada logam yang membuat sulit ditembus oleh sinyal wifi.

4. Cek Posisi/Letak Router

Cek Posisi Router

Cek Posisi Router

Peletakan router yang tepat tentu saja akan membuat jaringan wiri di rumah bisa stabil. Namun hal yang mungkin di anggap sepele ini banyak di hiraukan oleh pengguna wifi di rumah. Maka dari itu ada baiknya ketika kalian memiliki akses jaringan wifi dirumah letakanlah router pada tempat yang luas dan tidak terhalang benda apapun. Bahkan akan lebih baik apabila kalian meletakan router pada tempat yang tinggi.

Dengan meletakan posisi router yang tinggi dan tidak terhalang benda apapun, maka sinyal yang akan di pancarkan akan lebih leluasa, dan itu tentuya akan memberikan kemudahan pada kita sebagai penggunannya. Namun kami sarnkan jika kalian tidak ingin koneksi internet dirumah lelet, maka jangan letakan router di dekat jendela karena sinyal yang akan di pancarkan justru keluar rumah. Nah itu mungkin cara mempercepat jaringan wifi yang cukup mudah dan simple.

5. Letakkan Router di Tempat Tinggi

Seperti sudah kami sampaikan diatas, ada baiknya apabila kalian ingin merasakan sensasi menggunakan wifi dengan kecepatan yang penuh sesuai dengan badwidth yang ada, maka cara mempercepat jaringan wifi yang cukup mudah adalah dengan meletakan router di tempat yang tinggi. Hal ini karena memang router di rancang untuk mengirimkan sebuah sinyal dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

6. Letakkan Router di Dekat Tempat Kerja

Apabila pekerjaan kalian memang selalu membutuhkan koneksi internet, maka hal yang paling penting untuk kalian perhatikan adalah peletakan router yang sebaiknya dekat dengan tempat kerja kalian. Dengan meletakan router utama di dekat tempat kerja kalian, maka secara otomatis sinyal yang akan di tangkap oleh perangkat penerima seperti komputer ataupun laptop akan semakin bagus. Dan hal tersebut tentu saja akan memberikan efek atau dampak yang snagat positif terjadap kecepatan internet yang akan kalian dapatkan.

7. Letakkan di Tempat Terbuka

Diatas juga sudah kami singgung, bahwa salah satu cara mempercepat jaringan wifi adalah meletakan router di tempat yang terbuka. Hal ini akan sangat berpengaruh besar pada sinyal yang akan kita dapatkan. Jadi ketika kalian menginginkan kecepatan internet yang stabil, maka jika tidak ada tempat yang dekat dengan perangkat kerja kalian seperti laptop ataupun komputer, maka ada baiknya letakan router di tempat yang terbuka dan bebas dari himpitan.

8. Posisikan Antena Router Berdiri

Posisikan Antena Router Berdiri

Posisikan Antena Router Berdiri

Ternyata antena yang terdapat ada router sangatlah berpengaruh besar pada sinyal yang akan di tangkap oleh perangkat penerima. Maka dari itu, agar sinyal yang di pancarkan cukup luas dan tetap stabil, maka kami sarankan untuk tetap memposisikan antena router dalam posisi berdiri. Cara mempercepat jaringan wifi ini tentu saja akan membuat sinyal dari router akan terpancar keatas dan menyebar ketika tidak ada penghalang di dekatnya dan otomatis juga akan bisa di akses dari berbagai ruangan.

9. Cek Kekuatan Sinyal Wifi

Cara mempercepat jaringan wifi selanjutnya adalah dengan mengecek kekutan sinyal yang ada di sekitar kalian. Untuk mengeceknya, biasanya kita harus membuthkan sebuah aplikasi yang memang sudah dirancang dan di buat khusu untuk mengecek kekutan jaringan wifi. Salah satu aplikasi yang sering di gunakan adalah Cloudcheck. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kalian bisa melihat rungan atau bagian mana didalam rumah yang memiliki sinyal cukup kuat.

10. Setting Software Router

Melakukan penyetingan software router juga menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk bisa mendapatkan sinyal wifi yang cukup kuat. Apabila kalian tidak mengetahui caranya, bisa ikuti panduan berikut ini. Silahkan masuk ke IP Adres router kalian yang biasanya terletak pada bagian bawah router, setelah masuk silahkan pilih menu setting dan ubahlah frekuensi router yang biasanya terdapat 14 chanel. Namun dari smua chanel yang ada chanel 1,6, dan 11 merupakan chanel terbaik untuk bisa menjadikan kecepatan jaringan wifi tetap bagus.

11. Lakukan Pingx.Bat

Cara mudah untuk bisa mempercepat jaringan internet wifi adalah dengan melakukan ping, adapun cara yang bisa digunakan sangatlah simple dan mudah. Dimana untuk bisa mengecek ping pada jaringan internet, silakan kalian buka aplikasi notepad dan kemudian tulis ping google.com-t lalu save dengan type All File dengan memberi nama PINGX.Bat. Jika sudah selesai, cobalah kalian double klik pada file yang baru saja kalian buat.

12. Instal Aplikasi Netcut

Apliaksi Netuc

Apliaksi Netuc

Langkah ataupun cara mempercepat jaringan wifi yang paling sering digunakan adalah dengan menginstal aplikasi Netcut. Dengan menggunakan aplikasi ini, biasanya jaringan internet dari wifi yang ada akan secara otomatis meningkat. Hal ini karena kita bisa secara langsung memutus wifi kita pada perangkat yang memang tidak kita kehendaki sehingga hanya perangkat-perangkat yang kita inginkan saja yang bisa mendapatkan akses wifi yang ada di sekitar kita.

13. Mengubah DNS

Agar koneksi internet yang ada di sekitar kita dari jarngan wifi bisa maksimal dalam hal kecepatannya, maka salah satu cara mempercepat jaringan wifi yang bisa kita gunakan adalah dengan mengganti DNS (Domain Name System) daridefault menjadi open DNS. Cara mengubahnya pun sangatlah mudah, dimana kalian hanya perlu membuka menu network and sharing center dengan klik kanan pada ikon network. Setelah itu pilih men connection maka akan mucul menu wireless networ connection status dan silahkan kalian klik properties.

Setelahnya, kalian hanya perlu pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) dan pilih atau klik pada properties. Masuk pada menu tab General dan checklist pada use the following DNS server addresses yang ada di menu tersebut. Lalu ubahlah preferred DNS: 208.67.222.222 dan alternate DNS: 208.67.220.220. Setelah itu klik oke dan kemudian silahkan restart komputer kalian lalu coba gunakan untuk melakukan browsing atau mendownload.

Itulah beberapa cara mempercepat jaringan wifi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Dengan mengikuti beberpa panduan diatas, setidaknya koneksi internet dari wifi yang ada di rumah kalian bisamenjadi lebih stabil. Sehingga disaat kalian ingin convert video youtube ke MP3 ataupun ketika ingin mendownload aplikasi game android ataupun komputer bisa dengan lancar dan mudah.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...