10 Cara Mengaktifkan Developer Option Samsung Semua Tipe

Cara Mengaktifkan Developer Option Samsung – Memiliki ponsel dengan basis sistem operasi Android memang menjadi hal yang cukup mengasikan. Karena selain bisa mengikuti trend perkembangan sistem operasi yang setiap tahun selalu di perbaharui. Kita juga bisa melakukan banyak hal mengingat sistem operasi android sendiri berbasis Open Source.

Bagi yang hobi mengutak-atik HP android, tentu saja sudah tidak lagi asing dengan yang namanya menu atai opsi Developer Option atau Opsi Pengembang. Yang dimana fitur ini merupakan salah satu fitur penting yang harus diakhtifkan ketika kalian sedang melakukan berbagai macam hal termasuk proses rooting atau yang lainnya.

Akan tetapi, peru diketahui bahwasannya fitur Opsi Pengembang atau Developer Option ini merupakan fitur tersembunyi. Yang dimana ketika akan digunakan kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Dan hal tersebut hampir memiliki kesamaan untuk banyak tipe HP android, termasuk HP android Samsung.

Salah satu fitur unggulan dan utama yang terdapat pada menu Developer Option sendiri adalah fitur USB Mode Debugging. Yang berfungsi untuk menangkap setiap laporan bug yang terdeteksi, mengetahui kinerja aplikasi, kemudian penggunaan CPU serta fungsi lainnya ketika HP android kalian dihubungkan ke perangkat PC atau Laptop.

Cara Mengaktifkan Developer Option Samsung Semua Tipe

Cara Mengaktifkan Developer Option Samsung Semua Tipe

Dari penjelasan singkat diatas tentu saja kita bisa ambil kesimpulan bahwa menu Developer Option tersebut sangatlah penting bagi kalian yang suka otak-atik HP android. Dan untuk para pengguna HP Samsung, berikut ini adalah cara mengaktifkan Developer Option Samsung untuk semua tipe.

Apa itu Developer Options ?

Sebelum membahas lebih detail dengan cara mengaktifkan fitur Developer Option di Hp Android Samsung, tidak ada salahnya kita kenali dulu apa itu Developer Option. Secara singkat Developer Option merupakan sebuah fitur atau menu pengaturan yang disembunyikan oleh pabrikan HP android berbagai merek termasuk Samsung.

Yang dimana seperti kami jelaskan diatas, selain memiliki fitur opsi USB Debugging untuk membaca performa HP, ada juga beberapa menu atau fitur penting lainnya seperti Mock Location, Animation Scale, OEM Unloacking yang akan berfungsi untuk membuka kunci bootloader agar kalian bisa mendapatkan akses root di HP Samsung tersebut.

Cara Mengaktifkan Developer Option di HP Samsung

Cara Mengaktifkan Developer Option di HP Samsung

Bagimana sudah paham kan dengan apa yang dimaksud Developer Option? Jika sudah dan kalian merupakan salah satu pengguna HP Android Samsung apapun itu tipenya. Maka dibawah ini akan phoneranx.com sampaikan panduan cara mengaktifkan Developer Option Samsung yang bisa kalian ikuti.

  1. Langkah pertama untuk membuka menu Developer Option atau Opsi Pengembang adalah dengan masuk Menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung kalian.
  2. Setelah berhasil masuk ke menu Pengaturan, silahkan pilih About Phone.
  3. Sampai disini, silahkan kalian pilih Software Information.
  4. Pada bagian atau menu tersebut silahkan kalian tap dengan cepat menu bertuliskan Build Number.
  5. Pastikan ketika melakukan Tap Cepat antara 3 sampai 10 kali pada bagian tersebut kalian melihat adanya notifikasi kecil ditengah layar berupa tulisan Developer Mode Telah Aktif.
  6. Setelah itu silahkan kembali pada Menu Pengaturan.
  7. Coba perhatikan pada menu dibawah About Phone, biasanya akan muncul menu baru bertuliskan Developer Options.
  8. Jika kalian melihatnya, silahkan kalian tap menu tersebut untuk masuk kedalam menu pengaturan baru.
  9. Yang dimana untuk bisa memanfaatkan fitur Developer Option ini kalian harus mengaktifkan menu USB Mode Debugging, jadi silahkan kalian aktifkan fitur tersebut.
  10. Selesai, kalian pun akan dapat memperoleh akses root dan juga memperoleh informasi detail tentang performa HP ketika kalian tancapkan kedalam PC atau Laptop.

Seperti itulah mudahnya cara mengaktifkan Developer Option Samsung yang bisa kalian lakukan. Yang jelas sesuai dengan namanya, sebenarnya fitur atau menu pengaturan ini ditujukan dan diperuntukan bagi para Developer atau pengembang aplikasi Android seperti game ataupun aplikasi-aplikasi lainnya.

Namun pada beberap kasus ketika kalian ingin melakukan rooting pada sebuah HP android baik itu Samsung ataupun HP Android Xiaomi dan Asus serta yang lainnya, fitur ini mau tidak mau harus kalian aktifkan agar bisa memperoleh akses root. Nah itulah kiranya informasi yang kali ini dapat phoneranx.com sampaikan semoga bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Vika