16 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer 2019

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Komputer – Apakah anda seorang pekerja yang selalu di hadapkan pada sebuah komputer atau laptop untuk menyelesaikan sebuah perkerjaan? apabila ya, maka pastinya anda pernah secara tidak sengaja menghapus file penting yang seharusnya tidak boleh anda hapus atau delete. Rasa panik dan was-was mungkin pernah kalian alami ketika tidak sengaja menghapus file-file penting tersebut dari komputer atau laptop yang anda gunakan.

Sebenarnya fille yang terhapus itu masih bisa di kemablikan atau dimunculkan kembali ko asalkan kalian tahu cara dan langkah-langkahnya agar bisa membuat file-file yang tidak sengaja anda hapus bisa kembali lagi. Jadi bagi anda yang saat ini sedang mengalami rasa panik tersebut tetaplah tenang karena pada kesempatan kali ini akan kami bagikan tutorial cara mengembalikan file yang terhapus di komputer dengan beberapa cara dan langkah.

Oleh karena itu bagi anda yang tengah merasa takut dan was-was karena telah mengahapus file yang ada pada komputer atau laptop anda silahkan anda simak tutorial cara berikut ini. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang pelru kami sampaikan agar cara-cara yang akan kami berikan dibawah ini bisa berhasil dan sukses mengembalikan file penting yang tidak sengaja anda hapus.

Hal-hal mendasar yang mungkin harus anda ketahui sebelum menjalankan cara mengembalikan file yang terhapus di komputer nanti yaitu anda belum pernah menginstal ulang sejak anda mengahapus file yang ingin anda kembalikan atau memformat hardisk dimana file tersebut berada serta belum mengosongkan tong sampah alias Recycle Bin pada komputer anda. Jika hal tersbeut belum pernah anda lakukan maka silahkan ikuti beberpa cara mengembalikan file yang terhapus di komputer berikut ini.

Turorial Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer

1. Periksa Recycle Bin

Seperti diatas kami katakan, bahwa ketika anda tidak senagaja menghapus file penting di komputer anda maka jangan langsung merasa cemas dan takut karena ada ko beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di komputer dengan cukup mudah meski tanpa bantuan aplikasi ataupun dengan bantuan aplikasi. Dan untuk anda yang ingin mecoba mengemablikan file yang terhapus di komputer tanpa menggunakan software bisa lakukan cara ini.

Cara yang satu ini adalah dengan memeriksa aplikasi bernama “Tong Sampah” atau bahasa kerennya Recycle Bin. Bagi anda pengguna windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi tersebut, karena jika anda telah menghapus file maka secara tidak langsung sama saja anda sudah membuang file tersebut ke tempat sampah ini, oleh karena itu apabila anda ingin mengembalikan file tersebut silahkan buka aplikasi Recycle Bin dan cari file yang baru saja anda hapus dan klik kakan kemudian pilih Restore.

2. Restore Previous Versions

Cara mengembalikan file yang terhapus di komputer yang selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur “Restore Previous Versions”. Namun cara ini biasanya berhasil dan biasanya juga tidak. Namun untuk memastikannya silahkan anda coba sendiri karena admin juga sudah mencoba dan ternyata berhasil. Apa saja yang harus di lakukan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di komputer dengan cara ini? simak langkahnya berikut ini.

  1. Pertama dan yang harus anda perhatikan anda setelah menghapus file anda jangan restart komputer atau laptop anda
  2. Jika itu belum anda lakukan maka anda bisa mengguakan cara pertama diatas yang bisa dipastikan akan berhasil 100%
  3. Namun jika ternyata gagal, maka coba anda buka folder dimana sebelumnya file yang terhapus itu berada
  4. Kemudian klik kanan pada folder tersebut dan pada tahap ini silahkan cari opsi “Restore Previous Versions”
  5. Bila anda melihat silakan klik dan otomatis file akan kembali dari tanggal sebelum file tersebut terhapus

3. Menggunakan Backup File

Backup file merupakan langkah yang mungkin dianggap sepele bagi sebagian besar orang yang menggunakan komputer ataupun perangkat keras lainnya. Namun terkadang ada kalanya kita juga membutuhkan file backupan tersebut. Maka jika anda merupakan orang yang tidak pernah membackup file di komputer mulailah dari sekarang untuk mencoba membackup file-file penting yang ada pada komputer anda ke tempat yang lebih aman seperti hardisk eksternal atau flashdisk.

Karena jika tidak senagaja anda mengahapus file yang ada pada komputer anda maka anda tidak usah lagi merasa khawatir akan file-file tersebut karena sebelumnya anda sudah membackupnya. Maka langkah yang harus anda lakukan adalah mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja dari backupan yang ada di hardisk lain ataupun flashdisk. Cara ini memang sedikit membosankan namun ada kalahnya file backupan juga sangatlah penting.

4. Mencoba Program File Recovery (Recuva)

Recuva

Recuva

Kemudian cara mengembalikan file yang terhapus di komputer yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga semacam Recuva yang mana merupakan aplikasi untuk mengembalikan data yang sudah anda hapus bahkan ketika anda sudah melakukan Recycle Bin. Software ini bisa anda unuh gratis disini. Lalu bagaimana cara menggunakannya silahkan anda ikuti panduan berikut ini.

  1. Setelah anda mendownload file diatas, maka anda instal saja langsung pada perangkat PC ataupun Laptop anda seperti biasa
  2. Apabila sudah silahkan anda buka software tersebut dan pada saat anda memasuki menu halaman File Tipe anda harus memilih opsi All File kemudian klik Next
  3. Kemudian masuk pada halaman File Location, anda bisa memilih di media apa file yang terhapus dan ingin anda kembalikan. Pada tahap ini anda juga bisa memilih keseluruhan storage dengan memilih opsi I’m Note Sure dan tekan Next
  4. Tunggu sampai proses scanning selesai, pada proses ini cepat lambatnya tergantung pada banyaknya storeage yang ada pada komputer atau laptop anda
  5. Jika sudah selesai maka otomatis software akan memprilhatkan semua file yang sudah pernah anda hapus dalam bentuk list, tahapan ini perlu anda saring dan pilih mana saja file yang akan anda kembalikan. Namun perlu kami katakan bahawa tidak semua file yang ada di dalam list bisa di kembalikan dengan sempurna.
  6. Jika anda bingung memilh file mana, Recuva sudah menyediakan tiga warna indikator yaitu Hijau = bisa di kembalikan secara penuh, Kuning = Untuk file yang mungkin bisa di kemablikan, namun tidak sempurna, dan Merah = Berarti file tersebut sudah rusak dan tidak dapat di kemablikan
  7. Setelah anda pastikan file mana saja yang ingin and akembalikan, pada tahapan cara mengembalikan file yang terhapus di komputer ini anda harus tandari dengan ceklist file-file tersebut dan jika sudah selesai silahkan anda klik Recover pada bagian sisi kanan bawah di aplikasi ini
  8. Tunggu hingga proses selesai dan selamat file yang terhapus tanpa sengaja sudah bisa kembali lagi

Itulah beberapa tahapan dan metode cara mengembalikan file yang terhapus di komputer tanpa sengaja. Jangan lupa menyimak pula beberapa tips cara lainnya termasuk tips Cara Cek KTP Via Internet yang sebelumnya sudah kami bagikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya.