15 Chipset Terbaik 2020 : Gaming & Tercepat

Chipset Terbaik – Bagi anda para penggemar game android tentu sangat selektif dalam memilih HP. Salah satu hal paling diperhatikan dalam memilih ponsel gaming adalah penggunaan chipset. Dengan chipset yang berkualitas tentu keseruan bermain game akan lebih maksimal.

Nah berbicara mengenai chipset, pada kesempatan kali ini Phoneranx akan membagikan informasi terkait chipset terbaik untuk ponsel gaming. Hingga saat ini telah hadir puluhan bahkan ratusan jenis chipset yang dipasangkan pada smartphone.

Dari sekian banyak chipset, tentu ada beberapa yang terbaik. Lalu apa saja sih chipset yang memegang predikat terbaik saat ini ? tenang, semua itu akan kami jelaskan secara lengkap pada bagian pembahasan nanti.

Sebelum itu perlu kalian ketahui apa itu chipset. Chipset merupakan salah satu sistem penting yang terpasang di sektor pacu sebuah ponsel. Dengan adanya chipset mampu mengoptimalkan kinerja ponsel, termasuk ketika memainkan game android.

Daftar Chipset Terbaik Untuk Gaming dan Tercepat

Daftar Chipset Terbaik dan Tercepat Untuk Gaming

Di sisi lain chipset juga diartikan sebagai mesin yang menghubungkan semua komponen di sektor pacu, mulai dari procesor, sistem pengolah grafis dan lain sebagainya. Nah, daripada penasaran berikut kami sajikan deretan chipset terbaik dan tercepat untuk HP gaming.

1. Nvidia Tegra

Nvidia Tegra

Nvidia Tegra membuka deretan chipset berkualitas untuk ponsel gaming. Chipset ini biasa ditemukan pada HP android papan atas yang dibanderol diatas 5 juta rupiah. Dengan hadirnya Nvidia Tegra dalam sektor pacu, bisa dipastikan smartphone tersebut mampu menghadirkan keseruan lebih dalam bermain game android.

2. Exynos 9820

Exynos 9820

Kita beralih ke Exynos 9820. Chipset ini merupakan komponen yang diusung Samsung untuk memaksimalkan kinerja ponsel. Disamping itu, Samsung juga melengkapinya dengan GPU Mali-G76 MP12. Dengan demikian, pantas saja jika Exynos 9820 menjadi salah satu SoC terbaik diantara semua chipset yang ada.

3. Apple A12 Bionic

Apple A12 Bionic

Sesuai dengan namanya, Apple A12 Bionic bisa anda temukan pada perangkat IOS. Salah satu chipset terbaik ini telah tertanam pada ponsel iPhone XS, XS Max, XR dan iPad Air serta iPad Mini. Chipset Apple A12 Bionic juga dibekali dengan hardware Next-generation Neural Engine. Hardware tersebut memiliki 8 core dengan kinerja 5 triliun operasi 8-bit di setiap detiknya.

4. Kirin 980

Kirin 980

 

Kirin 980 merupakan chipset pertama di dunia yang memiliki fabrikasi 7nm. Selain itu, ponsel yang memiliki chipset Kirin 980 juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk keperluan gaming. Ponsel yang telah mengusung chipset ini adalah Huawei dan Honor. Chipset ini juga memiliki beragam fitur pendukung untuk memaksimalkan detail dan kualitas tampilan.

5. Snapdragon 855+

Snapdragon 855

Chipset diatas tentu sudah cukup akrab di telinga pengguna android. Ya, chipset besutan Qualcomm ini memang banyak kita jumpai pada ponsel kelas menengah. Meskipun demikian, chipset tersebut mampu menghadirkan sensasi terbaik ketika bermain game online. Hal ini dikarenakan chipset Snapdragon 855+ dibuat khusus untuk ponsel gaming.

6. Helio P90

Helio P90

Chipset yang digarap oleh Mediatek ini mampu mengontrol CorePilot guna mengoptimalkan kualitas gaming terbaik. Ditambah lagi chipset Helio P90 juga berhasil mengombinasikan CPU Arm Cortex-A75 dengan 6 Cortex-A55 dimana peran mereka mampu menghasilkan keseruan maksimal ketika bermain game favorit.

7. Snapdragon 845

Snapdragon 845

Satu lagi chipset terbaik buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 845. Chipset ini dilengkapi dengan Qualcomm Spectra 280 ISP yang berperan untuk memaksimalkan kualitas tampilan. Selain itu, Snapdragon 845 juga oke untuk menjalankan game android berukuran besar, seperti PUBG, ePES 2020dan lain sebagainya.

8. Exynos 9810

Exynos 9810

Selain Exynos 9820, Samsung juga memasangkan chipset Exynos 9810 pada beberapa ponsel buatannya. Chipset tersebut juga menjadi salah satu yang terbaik untuk ponsel gaming. Exynos 9810 dilengkapi dengan CPU generasi ke-3 serta memiliki memori yang optimal.

9. Kirin 970

Kirin 970

Bagi anda yang sedang  mencari ponsel gaming terbaik, carilah ponsel dengan chipset Kirin 970. Chipset ini didukung dengan 5,5 miliar transistor, sistem pengolah grafis Mali G72 dan NPU ( Neural Network Processing Unit ). Fitur-fitur tersebut mampu memaksimalkan kinerja ponsel ketika menjalankan aplikasi game.

10. Apple A11 Bionic

Apple A11 Bionic

Chipset berikut ini merupakan seri lama dari A12 Bionic. Sistem ini bisa anda jumpai pada ponsel iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Dari segi performa, Apple A11 Bionic masih kalah cepat dengan seri terbarunya, yakni Apple A12 Bionic. Meskipun demikian, chipset ini tetap oke untuk bermain game-game berukuran besar.

11. Intel Atom X3

Intel Atom X3

Intel Atom X3 merupakan chipset 64-bit ultra-low power yang dirilis pada tahun 2015. Kemudian untuk urusan performa, chipset Intel Atom X3 tidak bisa kita pandang sebelah mata. Pasalnya, Intel telah menanamkan banyak fitur pendukung yang siap mengoptimalkan kinerja ponsel untuk bermain game dan aktivitas lainnya.

12. PXA1918

PXA1918

Salah satu chipset terbaik garapan Marvell yang satu ini memiliki kelebihan dalam memproses grafik tampilan. Selain itu, chipset PXA1918 juga mampu menjalankan game dengan lancar tanpa merusak perangkat. Smartphone yang menggunakan chipset PXA1918 antara lain Samsung Galaxy Tab, Motorola Moto dan lain sebagainya.

13. OMAP

OMAP

OMAP merupakan chipset buatan Texas Instruments. Sistem ini banyak digunakan oleh smartphone kelas tinggi. Hal ini berkat keunggulan yang ditawarkan chipset tersebut. Salah satunya adalah kualitas performa serta efisiensi daya super canggih yang menjadikannya mampu menjalankan game dengan lancar. Beberapa vendor smartphone yang menggunakan chipset ini antara lain Samsung, Sony Ericsson, Nokia dan lain sebagainya.

14. Apple A13 Bionic

Apple A13 Bionic

Apple juga merilis chipset terbaru bernama Apple A13 Bionic. Salah satu chipset terbaik ini sekarang tersemat pada ponsel iPhone 11 dan iPhone 11 Pro Max. Sama hal nya dengan A11 dan A12 Bionic, pada chipset ini Apple juga menanamkan Neural Engine guna mengoptimalkan kualitas kinerja ponsel. Saat ini chipset Apple A13 Bionic menjadi seri terbaik dibandingkan seri terdahulunya.

15. Kirin 990

Kirin 990

Terakhir kita menutup deretan chipset terbaik dengan Kirin 990. Chipset berikut ini merupakan seri terbau dari HiSilicon. Kirin 990 memiliki rating skor cukup tinggi di AnTuTu yakni, 457.357. Skor tersebut diperoleh dari penggunaanya di smartphone Huawei Mate 3 Pro.

Berikut adalah beberapa chipset tercepat dan terbaik untuk bermain game. Dari semua chipset yang kami sajikan diatas rata-rata memiliki kualitas performa terbaik. Disamping itu, mereka juga dibekali dengan fitur pendukung guna memaksimalkan kinerja ponsel dalam berbagai hal.

You May Also Like

About the Author: Zahlia