Layanan Google Play Berhenti ? Coba 12 Cara Berikut Ini

Layanan Google Play Berhenti memang menjadi masalah yang sering dijumpai pengguna smartphone Android. Tentunya semua aplikasi bergantung kepada Google Play Store yang menyediakan download dan update versi terbaru. Peranan Google Play Store sangat penting karena terdapat ratusan ribu developer yang menawarkan berbagai aplikasi untuk menunjang kebutuhan pengguna nya sehari hari. Google Play memiliki berbagai aplikasi gratis maupun berbayar yang bisa dinikmati dan d iunduh secara mudah oleh pengguna smartphone android.

Namun sayangnya ketika layanan Google Play berhenti berbagai aktivitas yang kita jalankan bisa terpengaruh. Misalnya ketika asyik bermain game Naruto, Harvest Moon, atau Game Mobil Truk tiba tiba muncul notifikasi “sayangnya layanan google play telah berhenti” atau “Unfortunatelly google play service has stopped” yang kadang menyebabkan game mengalami force closed. Demikian pula saat menjalankan aplikasi tentunya sangat terganggu apabila notifikasi tersebut terus muncul di smartphone.

Misalnya ketika menggunakan aplikasi edit video tiba tiba notifikasi muncul sehingga menyebabkan kita tak sempat save project sehingga harus memulai dari awal. Fungsi Google Play sangat penting, apalagi untuk semua aplikasi dari Google, bahkan kita tak bisa mengakses aplikasi tersebut apabila Google Play Service belum diperbaharui. Jika kita tak mengunduh Google Play Service versi terbaru secara otomatis kita tidak akan bisa mengakses aplikasi seperti Youtube, Snapseed, Chrome, Gmail, Maps, Translate dan masih banyak yang lain nya.

Tak dipungkiri ada banyak sebab mengapa layanan Google Play Berhenti yang tentunya berbeda beda antar smartphone. Cara mengatasi layanan Google Play Berhenti pun berbeda beda karena tentunya terdapat sumber masalah. Tak jarang banyak orang melakukan hal ekstrim untuk menyelesaikan masalah ini seperti reset android yang menyebabkan semua data hilang. Sebenarnya ada beberapa cara yang lebih baik dibandingkan reset atau format untuk menghindari penghapusan data pada memori internal.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti

Layanan Google Play Berhenti

Layanan Google Play Berhenti

Menangani masalah layanan Google Play berhenti dibutuhkan pengetahuan dan ketelitian, pertama tama cobalah cara yang simple dan tidak beresiko. Kita dapat membersihkan cache dan data pada smartphone, atau juga bisa melakukan update Google Play Service. Jika dengan cara yang simple masalah bisa teratasi maka kita bisa lebih aman menjaga data data yang ada pada memori. Langsung saja silahkan simak cara mengatasi layanan Google Play berhenti yang kami rangkum berikut ini.

1. Restart Smartphone

Restart Smartphone

Restart Smartphone

Cara yang paling mudah untuk mengatasi layanan Google Play berhenti adalah dengan restart smartphone. Dengan melakukan booting secara otomatis smartphone akan dibawa ke kondisi awal dengan berbagai aplikasi yang dimulai kembali. Untuk beberapa kasus dengan melakukan restart Google Play Service dapat berjalan kembali dengan baik. Perlu diketahui Google Play Service hanya menggunakan memori internal sehingga tak bisa dipindah, lebih mudah memindahkan aplikasi lain ke SD Card.

2.Disable Dan Enable Google Play

Disable Dan Enable Google Play

Disable Dan Enable Google Play

Jika layanan Google Play berhenti kembali maka cara berikutnya adalah dengan disable dan enable Google Play Service pada pengaturan smartphone. Lebih lengkapnya simak cara berikut ini.

  • Buka pengaturan atau setting
  • Pergi ke menu aplikasi lalu pilih menu menjalankan
  • Cari Google Play Service kemudian pilih
  • Pengaturan Google Play Service seperti gambar diatas
  • kemudian tap DISABLE untuk mematikan fungsi Google Play Service
  • Setelah berhenti beberapa saat silahkan tap ENABLE yang menyebabkan Google Play Service aktif kembali

Jika semua langkah sudah dilakukan maka secara otomatis Google Play Service akan dijalankan ulang. Jika muncul notifikasi yang sama maka bisa mencoba cara berikutnya dibawah ini.

3.Update Google Play

Update Google Play

Update Google Play

Cara mengatasi layanan Google Play berhenti adalah dengan melakukan update, seringkali kita lupa jika belum melakukan pembaharuan. Nah jika Google Play Store ternyata tak bisa dibuka maka langkah yang perlu diambil adalah mengakses melalui browser yang kemudian akan membuka secara otomatis.

4.Menghentikan Google Play

Menghentikan Google Play

Menghentikan Google Play

Cara mengatasi layanan Google Play berhenti berikutnya adalah dengan cara force stop atau memaksa Google Play Service untuk berhenti. Kemudian kita bisa memulai Google Play Service dari awal sehingga menghindari crash, lebih lengkapnya simak cara berikut ini.

  • Silahkan buka setting atau pengaturan
  • Masuk ke kelola aplikasi dan cari Google Play Service
  • Tap Google Play Service lalu muncul menu seperti pada gambar diatas
  • Langkah selanjutnya adalah dengan tap tombol Force Close
  • Setelah itu layanan Google Play Service akan berhenti
  • Kemudian silahkan aktifkan layanan dengan tap Activate
  • Google Play Service akan berjalan kembali

5.Hapus Cache Dan Data Google Play

Hapus Cache Dan Data Google Play

Hapus Cache Dan Data Google Play

Andai layanan Google Play berhenti kembali maka cara berikutnya ini digunakan untuk menghapus cache dan data yang ada pada aplikasi. Untuk langkah langkahnya sebagai berikut :

  • Silahkan buka Setting atau pengaturan di smartphone
  • Kemudian pilih kelola aplikasi lalu cari Google Play Service
  • Seperti gambar diatas kita harus Force stop terlebih dahulu seperti langkah sebelumnya
  • Kemudian silahkan satu per satu Clear Data dan Clear Cache.
  • Setelah semuanya clear maka Google Play Service akan berjalan seperti awal waktu factory reset.

6.Hapus akun Google Play

Hapus akun Google Play

Hapus akun Google Play

Jika masih saja layanan Google Play berhenti maka cara berikutnya yang bisa dicoba adalah menghapus akun yang ada di smartphone android. Cara lengkap nya sebagai berikut.

  • Buka setting atau pengaturan
  • Silahkan cari akun dan pilih dengan tap
  • Pada menu akun silahkan cari Google lalu tap
  • Seperti gambar diatas tap titik tiga lalu akan muncul remove account
  • Silahkan hapus akun google dengan tap pilihan tersebut

7.Menambahkan akun Google

Menambahkan akun Google

Menambahkan akun Google

Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan akun Google baru untuk bisa mendapatkan akses Google Play Service, lebih jelasnya simak tahapan berikut ini.

  • Pastikan memiliki koneksi internet yang baik
  • Pertama buka menu setting atau pengaturan
  • Tap akun lalu akan muncul menu baru
  • Silahkan tap tambah akun
  • Silahkan pilih Google
  • Silahkan isikan username email dan password lalu login

8.Pengaruh Koneksi WiFi atau data seluler

Pengaruh Koneksi WiFi atau data seluler

Pengaruh Koneksi WiFi atau data seluler

Masalah layanan Google Play berhenti kadang juga efek dari koneksi internet yang ada di smartphone kita. Jadi pastikan kita tersambung dengan internet untuk melakukan scan dan update aplikasi secara online. Untuk sebagian kasus, notifikasi layanan Google Play berhenti akan hilang ketika terkoneksi dengan jaringan internet.

9.Menggunakan Lucky Patcher

Menggunakan Lucky Patcher

Menggunakan Lucky Patcher

Cara menangani layanan Google Play berhenti yang satu ini khusus untuk smartphone android yang sudah root. Jadi untuk yang belum mendapatkan akses root tak bisa mencobanya. Simak cara lengkapnya berikut ini

  • Silahkan download aplikasi Lucky Patcher
  • Install aplikasinya kemudian buka
  • Berikan akses root dengan klik Grant
  • Setelah itu cari Google Play Service kemudian tap sekali saja
  • Setelah itu hapus Google Play Service
  • Google Play Service akan direset ulang ke versi lawas

Memang notifikasi layanan Google Play berhenti pada sebagian kasus tak muncul lagi, namun sebenarnya tidak terhapus karena hanya di downgrade ke versi lama bawaan pabrik.

10.Format Memori Internal

Format Memori Internal

Format Memori Internal

Jika semua cara mengatasi layanan Google Play berhenti diatas tidak mempan maka dapat mencoba melakukan format pada memori internal. memang resiko yang didapatkan adalah kehilangan semua file yang ada, namun jika di backup terlebih dahulu ditempat lain cara ini aman dilakukan.

11.Factory Reset android

Factory Reset android

Factory Reset android

Sama seperti format memori internal, Factory Reset android memang akan menghapus data yang ada pada memori. Namun perbedaan nya pada factory reset memang operasi sistem akan dikembalikan ke kondisi awal bawaan pabrikan sehingga seperti baru. Memang lebih aman nya melakukan backup terlebih dahulu data data yang ada dalam memori.

12.Flash Ulang Android

Flash Ulang Android

Flash Ulang Android

Jika semua cara sudah dicoba namun tak bisa juga menghilangkan notifikasi layanan Google Play berhenti maka langkah pamungkas adalah dengan melakukan flashing. Memang jika melakukan flashing akan menghapus seluruhnya data yang ada pada smartphone. Tentunya jika masalah pada Google Play Service sudah tak bisa diatasi tentunya kita bisa menggantinya dengan firmware terbaru. Jika bisa melakukan flash sendiri disarankan lebih teliti dan hati hati, namun jika kurang mantap bisa meminta bantuan teknisi atau counter hp terdekat.

Memang menangani masalah layanan yang berhenti dari Google Play Service dibutuhkan beberapa percobaan. Cara cara diatas bisa dicoba mulai dari yang ringan seperti update atau yang berat seperti flashing atau factory reset. Penggunaan pada tiap smartphone pun berbeda, sehingga silahkan gunakan yang paling pas dan mudah dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan bisa berguna untuk mengatasi masalah pada Android yang sering muncul.